Pages

Selasa, 25 Oktober 2011

10 SIMPLE STEPS FOR ACHIEVING YOUR DREAMS

Selama sekian tahun setelah mempelajari bagaimana orang-orang sukses menggapai cita-cita dan mimpi mereka, ternyata ditemukan sebuah pola yang sama mengenai apa dan bagaimana mereka mengejar mimpi-mimpi mereka. Pada artikel kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara orang-orang sukses dan juga cara saya dalam mengejar mimpi dan cita-cita yang alhamdulillah sampai saat ini sudah beberapa yang tercapai. Inilah 10 langkah sederhana yang bisa dicoba:

1. SET GOALS
Satu kunci paling utama dalam menggapai mimpi adalah bagaimana kita menetapkan terlebih dahulu apa yang ingin kita capai, Tidak cukup hanya dalam berupa keinginan dan gambaran umum saja, wajib dituliskan! Goals atau tujuan yang dituliskan pada hakikatnya akan mengikat diri kita untuk bisa mencapai tujuan tersebut dan tidak mudah melupakannya.

Tujuan yang baik harus memenuhi kriteria berikut ini:
a. Harus memenuhi prinsip SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-Bound). Contoh: "Menjadi seorang motivator kecepatan membaca untuk remaja termuda di Indonesia dan Asia Tenggara pada usia 21 Tahun yang dicapai pada Januari 2012."
b. Tujuan juga harus bersifat positif dan memberdayakan bagi pembuatnya. Tidak bisa dengan menggunakan kata-kata negatif seperti tidak dan bukan. Hindari dan fokuslah pada tujuan, bukan bentuk penghindarannya.

2. BELIEVE YOUR GOALS!
Setelah menuliskan tujuan-tujuan positif dan memberdayakan, selanjutnya adalah menanamkan keyakinan sebesar-besarnya bahwa Anda memang BISA dan PASTI BISA mewujudkannya. Banyak sekali orang yang salah kaprah memahami bahwa untuk sukses hanya cukup mengetahui tujuan atau mimpinya saja. Tetap sebagus apapun mimpi Anda, kalau memang tidak yakin bisa mencapainya, maka itulah doa Anda kepada diri Anda sendiri yang dapat menghambat Anda untuk mencapai mimpi-mimpi Anda!

3. VISUALIZE YOUR DREAMS
Apalagi setelah mengatahui dan yakin bahwa Anda mampu meraih mimpi dan cita-cita? VISUALISASI! Ya, cobalah memvisualisasikan bagaimana rasanya bila mimpi-mimpi Anda tercapai dan Anda menjadi orang hebat sesuai mimpi dan cita-cita Anda. Rasakan dengan pancaran indra Anda, buat gambar sejelas mungkin dalam kondisi rileks. Lakukan ini sesaat Anda sebelum memulai aktivitas pagi atau ketika menjelang tidur untuk menambah semangat dan keyakinan positif.

Tahukah Anda bahwa seorang Roger Bannister, Tigerwoods, Steve Jobs, Bill Gates, dan orang-orang sukses lainnya selalu memiliki gambaran yang jelas akan mimpinya. Seperti Bill Gates, "Saya hanya memimpikan setiap orang memiliki sebuah komputer dan mampu mengoperasikannya dengan mudah di rumahnya." Yang saat ini kita ketahui bernama PC (Personal Computer), dan Billa Gates mewujudkannya melalui sistem operasi paling populer di dunia, Microsoft Windows.

Luangkan sejenak waktu Anda untuk memvisualisasikan mimpi ini, setiap hari untuk menanamkan ke dalam alam bawah sadar (subconcious mind).

4. SHARE YOUR DREAMS!!
Tidak perlu ragu untuk berbagi visi atau mimpi-mimpi Anda kepada orang lain, karena hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk diri kita. Pertama, kita dapat belajar dari pengalaman orang lain yang memiliki visi atau mimpi yang sama sehingga kita dapat belajar dan tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama. Kedua, memungkinkan untuk mendapatkan bantuan (apabila memang ternyata memiliki mimpi yang sama). Usaha lebih dari satu orang tentunya akan mengakselerasi dalam pencapaian mimpi. Ketiga, mengurangi potensi untuk mundur. Akan ada suatu rasa tersendiri, seperti malu dan merasa menjadi pecundang ketika kita sudah mengobarkan suatu mimpi tetapi ternyata tidak komitmen terhadap mimpi sendiri.


5. POWER OF PLANNING
Saatnya mewujudkannya dalam bentuk nyata! Mimpi yang besar, selalu diawali dengan perencanaan yang besar dan matang pula. Semakin besar sebuah mimpi, semakin besar pengorbanan yang harus dilalui, dan semakin matang pula perencanaan yang harus disusun. Mereka yang gagal dalam merencanakan, sama dengan sedang merencanakan kegagalan. Buatlah perencanaan yang matang dengan limit waktu yang jelas.

6. BE PERSISTENT!
Tidak ada orang sukses yang pernah menyatakan kesuksesannya diraih dengan tanpa pengorbanan dan diraih dengan mudah. Hukum alam pasti berlaku, barangsiapa yang memang menginginkan hal besar pasti memiliki ujian dan rintangan yang juga besar. Masalahnya apakah Anda siap untuk menunjukkan kegigihan dan tekad yang kuat dalam mengejar mimpi-mimpi Anda?

Jika pernah menderngar cerita di balik kesuksesan-kesuksesan yang ada, maka Anda tidak akan pernah mencicipi rasanya Kentucky Fried Chicken jika seorang Kolonel Sanders menyerah pada ketukan restoran yang ke-999 dalam menawarkan resep ayamnya. Juga kita tidak akan merasakan terangnya lampu pijar jika seorang Thomas Alfa Edison menyerah pada percobaannya yang ke-10.000 dalam menemukan kawat lampu tahan panas.

7. CONSISTENCY AND DISCIPLINE!
Ini adalah satu kunci penting lainnya. Tidak hanya gigih dalam berjuang, tetapi juga membutuhkan konsistensi tinggi dalam meraihnya. Konsistensi juga berdiri karena sikap disiplin yang sangat tinggi. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi atau training motivasi atau renungan secara berkala untuk tetap menjaga semangat agar selalu konsisten dalam mengejar mimpi. Apabila kata Jim Rohn, pakar motivasi dunia berkata, "With every disciplined effort, there is a multiple reward."

8. FIND a MENTOR or COACH
Salah satu bagaimana pola yang paling umum dilakukan para pemenang dan orang sukses dalam mencapai kesuksesannya adalah dengan belajar dari pengalaman dan kesuksesan orang lain sebelumnya. Memiliki mentor atau pelatih yang sangat ahli di bidang atau sesuai dengan jalan menuju cita-cita Anda sangat membantu untuk mengakselerasi dan menjadi 'jalan pintas' untuk mencapai mimpi-mimpi Anda.

9. CELEBRATE!!
Rayakan kemenangan Anda! Ya, mencapai mimpi tidak harus selalu dengan hal-hal yang serius dan membuat stress! Celebrate atau perayaan atas kesuksesan mencapai mimpi merupakan hal yang sangat wajar dilakukan oleh mereka yang terlebih dahulu sukses. Dengan adanya celebrate ini mampu menjadi suatu suntikan motivasi tambahan untuk Anda dalam mengakselerasi pencapaian mimpi. Lakukan apa yang Anda suka, asalkan memang mimpinya sudah tercapai. Kalau saya misalkan jika tercapai suatu visi atau mimpi baik secara individu atau tim, maka saya akan makan pizza dengan porsi besar, di mana itu merupakan kesukaan saya. Namun perhatikan batasan dan tidak perlu melakukan celebrate secara berlebihan.

10. HAVE GRATITUDE
Tetap sebesar apapun usaha yang Anda buat namun pasti ada faktor 'izin Tuhan' di sana untuk mencapainya. Maka selalu pelihara rasa bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan dengan selalu meluangkan waktu untuk berdoa setiap harinya. Baik dalam kondisi senang maupun susah. Pasti Tuhan akan selalu membantu hamba-hambaNya ketika hambaNya selalu mengingat di kala senang maupun susah. Orang sukses, selalu meyakini hal ini. Semakin sukses mereka, semakin rendah hati jadinya. Karena mereka tahum tiada capaian apapun di dunia ini yang mampu menyamai semua kuasa Tuhan di alam semesta.

0 komentar:

Posting Komentar