Pages

Jumat, 02 Desember 2011

Cloud Computing


Komputer awan ( cloud computing) adalah perpaduan/gabungan dari pemanfaatan  teknologi informasi (TI)  dengan internet (awan) . kata awan ( cloud ) disini bukan awan yang sebenarnya melainkan  metafora dari internet yang sering digambarkan dengan awan . dengan kata lain,komputer awan adalah suatu komputer yang akan selau terhubung dengan internet setiap waktunya.
Perusahaan yang menyediakan layanan Cloud Computing adalah Google, Microsoft, Zoho, Amazon, dan SalesForce. Sedangkan aplikasi yang menggunakan teknologi Cloud Computing adalah Yahoo email atau Gmail.

Cloud computing memiliki beberapa komponen, seperti :
1. Cloud Clients - sebuah software yang diperuntukkan untuk menggunakan layanan dari cloud computing tersebut.
2. Cloud Services - Sebuah produk atau layanan yang digunakan untuk disampaikan secara real time melalui Internet.
3. Cloud Applications - Cloud Applications memanfaatkan cloud computing sehingga tidak perlu menginstall aplikasi apapun pada komputer.
4. Cloud Platform - Sebuah layanan berupa platform komputasi yang berisi hardware dan software infrasktruktur.
5. Cloud Storage - Proses penyampaian penyimpanan data sebagai sebuah layanan.
6. Cloud Infrastructure - Merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk penyampaian infrastruktur komputasi.




apa manfaat cloud computing????

manfaat dari cloud computing yang dirasakan oleh user yakni user tidak perlu menginstal program di komputernya semua nya bisa dilakukan secara online contohnya banyak web yang menyediakan penggunaan adobe photoshop dengan gratis yang bisa dimanfaatkan oleh user namun dengan catatan user hanya sebatas menggunakan tanpa harus memiliki. nah begitulah nantinya teknologi cloud komputing bekerja. untuk saat ini pengusa internet yakni google telah mengembangkan google apps nya untuk menjadi layanan komputer awan.
Keuntungan yang bisa kita dapat juga lumayan banyak, diantaranya untuk penghematan sekitar 50 % dari konsumsi listrik.  Adapun manfaat lain dari Could Computing ini yakni:
  • Kita bisa menyimpan data yang lebih banyak, berbeda dengan private komputer lainnya.
  • Penggunaannya  pun dirasakan sangat hemat biaya dan juga lebih efesien
  • Developer pun tidak perlu khawatir terhadap software agar tetap update secara trus menerus
  • Selain itu kita juga tidak perlu menghawatirkan dan cemas terhadap server yang harus di update.
Disamping kelebihan could computing  inipun memiliki sisi kekurangannya yakni, dilihat dari  segi transparasi kita juga belum bisa memprediksi apakah komputer awan ini cukup aman dalam menyimpan data yang ada. Keuntungan dari teknologi in juga tidak dapat diukur secara tepat.
Penggunaan Cloud Computing juga memunculkan beberapa kendala, seperti :
1. Service Level - user harus memahami Service Level mengenai transaction response time, data protection dan kecepatan data recovery.
2. Privacy
Adanya peluang data user dibaca oleh pihak lain.
3. Compliance

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.




0 komentar:

Posting Komentar