Pages

Jumat, 02 Desember 2011

Layanan Cloud Computing


Terdapat 3 jenis layanan (service) yang diberikan oleh cloud.

1. Software as a Service (SaaS)
         Layanan Cloud yang paling dahulu populer, merupakan evolusi lebih lanjut dari konsep ASP (Application Service Porvider). Pelanggan dapat menggunakan SaaS dengan cara berlangganan atau pay-per-user sehingga tidak perlu investasi IT. Contoh layanan SaaS adalah Salesforce.com dengan layanan CRM online (menjadi icon SaaS), Zoho.com dengan layanan word processor seperti google docs, Xero.com dengan akunting online, Lotuslive.com dari IBM dengan layanan kolaborasi/unified communication.


2. Platform as a Service (PaaS)
         PaaS adalah layanan yang menyediakan modul-modul siap pakai yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang hanya dapat berjalan diatas platform tersebut. Pionir PaaS adalah Google Appengine yang menyediakan aplikasi diatas platform Google dengan bahasa pemrograman  Phyton dan Django. Penyedia layanan PaaS lainnya seperti : Salesforce melalui force.com menyediakan modul-modul untuk mengembangkan aplikasi diatas salesforce dengan menggunakan bahasa apex. contoh lainnya adalah facebook yang memungkinkan kita mengembangkan aplikasi di facebook seperti aplikasi game yang dilakukan oleh zynga.

3. Infrastructure as a Service (IaaS)
adalah sebuah layanan yang menyewakan sumber daya teknologi informasi dasar, yang meliputi media penyimpanan, processing power, memory, sistem operasi, kapasitas jaringan, dan lain-lain, yang dapat digunakan oleh penyewa untuk menjalankan aplikasi yang dimilikinya. Model bisnisnya mirip dengan penyedia data center yang menyewakan ruangan untuk co-location , tapi ini lebih ke level mikronya. Penyewa tidak perlu tahu , dengan mesin apa dan bagaimana caranya. Salah satu pionir dalam dalam penyediaan IaaS ini adalah Amazon.com yang meluncurkan Amazon EC2 (Elasting Computing Cloud). Layanan Amazon EC2 ini menyediakan berbagai pilihan persewaan mulai dari CPU, media penyimpanan, dilengkapi dengan sistem operasi, dan juga platform pengembangan aplikasi yang bisa disewa dengan perhitungan jam-jaman.


0 komentar:

Posting Komentar